Primary tabs

Pemkab. Bangka jalin kerjasama dengan Perbanas Institute Jakarta

Body: 

Rabu (2 November 2022) Dalam rangka meningkatkan upaya pembangunan di Kabupaten Bangka sekaligus menerapkan fungsi kolaborasi dengan berbagai lembaga, Bupati Bangka Mulkan, SH., MH bersama Rektor Perbanas Institute, Prof. Dr. Hermanto Siregar menandatangani kerjasama antara pemerintah daerah Kab. Bangka dengan Perbanas Institute Jakarta tentang Penyelengaraan pemerintahan, pendidikan, pembangunan dan pengabdian masyarakat. Penandatangan kesepakatan ini juga disaksikan langsung oleh Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Zulkifli Hasan yang sekaligus menjadi keynote speaker dalam acara seminar kebijakan perdagangan, stabilitas harga dan kondisi industri perbankan yang dilaksanakan Perbanas Institute Jakarta pada hari ini.

Setelah penandatangan kesepakatan tersebut Menteri Perdagangan menyampaikan bahwa dengan kondisi perekonomian yg masih belum baik baik saja maka kebijakan Kementerian Perdagangan adalah mereview tujuan perdagangan luar negeri salah satunya ke negara-negara Asia. Sedangkan perdagangan dalam negeri mengeluarkan kebijakan meningkatkan peran serta UMKM dan IKM untuk percepatan pertumbuhan ekonomi.

Dalam sambutannya, Bupati Bangka juga menyampaikan "penandatangan kerjasama hari ini merupakan wujud nyata dari komitmen pemerintah bersama dengan Perbanas institute dalam menyelesaikan permasalah pembangunan dan mempercepat pertumbuhan industri Pertanian dan Perkebunan serta perekonomian di kabupaten Bangka. Tentunya diharapkan kedepan akan ada produk pertanian dan perkebunan dan lainnya di Kab. Bangka yang dapat dikembangkan secara nasional maupun global.

Prof. Dr. Hermanto Siregar juga berharap kerjasama yang telah terjalin antara pemerintah kabupaten Bangka dengan Perbanas Institute ini nantinya dapat berjalan dengan baik dan banyak memberikan dampak positif.

Dalam pelaksanaannya, Pemerintah Kabupaten Bangka juga telah menganut sistem pentahelix dimana pemerintah melibatkan 4 unsur kelompok lainnya seperti media masa, dunia industri, masyarakat dan tentunya perguruan tinggi. Penandatanganan kerjasama ini tentunya dengan basis daerah yakni salah satunya di bidang pertanian dan perkebunan yang ada di kabupaten Bangka. Kerjasama ini sangat diharapkan dapat membantu percepatan pembangunan ekonomi kab bangka. Apalagi dengan kondisi keterbatasan APBD Kabupaten Bangka Tahun 2023 dan dinamika tuntutan masyarakat. Tantangan pembangunan ekonomi ini perlu disikapi dengan baik salah satunya dengan sumbang pemikiran dan inovasi berbasis bukti dan ilmu pengetahuan dari perguruan tinggi seperti halnya dengan Perbanas institute.

Disaat yang sama pula Kabupaten Bangka telah mulai bertransformasi ekonomi dari sektor pertambangan ke sektor pariwisata dan agroindustri. Pemanfaatan potensi lokal di sektor agroindustri dengan juga mengikutsertakan peran UMKM dan IKM yang diharapkan kedepan akan bisa menjadi salah satu strategi percepatan ekonomi, Khususnya di Kabupaten Bangka.

Dalam kesempatan ini juga Bupati Bangka memperkenalkan salah satu komoditi/produk hasil perkebunan Kab. Bangka yaitu Sago Mee, Sago Mee adalah makanan mie instan kemasan yang di produksi dari hasil tepung tapioka yang ada di Kab Bangka. Bupati Bangka menjelaskan Sago Mee merupakan contoh dari pemanfaatan Hasil perkebunan di Kabupaten Bangka yang telah dimanfaatkan untuk bahan dasar salah satu produk makanan yang sedang dipromosikan di tingkat nasional. Ia mengharap kedepan akan ada lagi komoditas-komiditas lainnya yang dapat dimanfaatkan dan menjadi komoditas unggulan untuk mendukung pembangunan dan ekonomi di Kabupaten. Bangka.

Turut hadir dalam acara ini, Kepala Badan Kemendag RI, Dr. Kasan MM, Direktur Bank DKI, Herry Djufraini, SE, MM, Dr. Dradjad H Wibowo M.Ec selaku dosen Perbanas Institute, Kepala BAPPEDA Kab Bangka, Ir. Pan Budi Marwoto., M.Si serta beberapa kepala OPD lainnya.

Sumber: 
Bappeda
Penulis: 
Bappeda