Primary tabs

BIMBINGAN APLIKASI SILAKIP DIIKUTI SELURUH OPD

Dalam rangka menjamin penyelenggaraan pemerintahan yang demokratis, transparan, akuntabel, efisien dan efektif dibidang perencanaan pembangunan daerah, Tim aplikasi SILAKIP (Sistem Informasi Laporan Akuntanbilitas Kinerja Instansi Pemerintah) mengadakan acara rapat pembahasan perjanjian kinerja SKPD Tahun 2018 bertempat di OR BAPPEDA, Sabtu 13 Januari 2018.

Aplikasi SAKIP kabupaten Bangka adalah Rangkaian sistematika dari berbagai aktifitas, alat, prosedur yang dirancang untuk tujuan penetapan dan pengukuran, pengumpulan data, pengklasifikasi, dan pelaporan kinerja instansi pemerintah dalam rangka penanggungjawaban dan peningkatan kinerja instansi pemerintah. Tujuan Aplikasi SAKIP adalah untuk mendorong terciptanya akuntabilitas kinerja instansi pemerintah sebagai salah satu prasyarat untuk terciptanya pemerintah yang baik dan terpercaya. Sesuai dengan Pasal 4 Peraturan Presiden Nomor 29 Tahun 2014, Penyelenggaraan SAKIP pada SKPD dilaksanakan oleh Entitas Akuntabilitas Kinerja SKPD.

Penyelenggaraan SAKIP ini dilaksanakan untuk menghasilkan sebuah laporan kinerja yang berkualitas serta selaras dan sesuai dengan tahapan-tahapan yang meliputi Rencana Strategis, Perjanjian Kinerja, Pengukuran Kinerja, Pengelolaan Kinerja, Pelaporan Kinerja serta Review dan Evaluasi Kinerja. Oleh karena itu, diperlukan adanya suatu aplikasi yang menghasilkan sebuah laporan kinerja yang berkualitas serta selaras dan mudah diakses

Dengan implementasi dari aplikasi SILAKIP ini diharapklan sebagai perwujudan nyata komitmen Pemerintah Kabupaten Bangka dalam melaksanakan transparansi dan akuntabel.

Sumber: 
Bappeda
Penulis: 
Ilham Isnandi
Editor: 
Aditya