Primary tabs

RAPAT KOORDINASI VERIFIKASI DAN VALIDASI BASIS DATA TERPADU KABUPATEN BANGKA TAHUN 2019

Body: 

Bidang Sosial dan ekonomi menggelar rapat koordinasi verifikasi dan validasi basis data terpadu kabupaten bangka tahun 2019 yang dipimpin langsung oleh kepala bidang, Drs, Rafizi., M.Si di Ruang OR BAPPEDA Kabupaten Bangka.
Rapat evaluasi ini membahas verifikasi dan validasi basis data kemiskinan, dengan dihadiri langsung oleh perwakilan dari dinsospemdes kab.bangka, dinas pendidikan kab. Bangka, dindukpencapil kab. Bangka, dan Dinas Kesehatan kab. Bangka serta BPJS kab. Bangka.
Basis Data Terpadu (BDT) Kabupaten Bangka hingga per semester II Tahun 2018 berjumlah 63.231 Individu, 18.398 RTM. Melalui usulan Basis Data Terpadu per Juli 2019 Jumlah masyarakat miskin Kabupaten Bangka sebanyak 64.483 Individu, 18.193 RTM itupun baru tahap usulan Verifikasi.
Untuk data penerima PBI Pusat (APBN) Kabupaten Bangka berjumlah 58.052 Individu (berdasarkan PERMENSOS 49 Tahun 2019), PBI Provinsi dengan jumlah di Kab. Bangka sebanyak 12.561 Individu, PBI Kabupaten Bangka berjumlah 15.727 Individu. Sedangkan untuk Penerima PKH (Program Keluarga Harapan) Kabupaten Bangka sebanyak 4.992 Keluarga (dengan status ada yang memiliki NIK dan ada yang tidak memiliki NIK). Untuk semua penerima Bantuan sosial tersebut baik itu bersumber dari PKH, KIP, PBI dan lainnya yang tidak masuk BDT maka harus segera dimasukkan dalam data BDT.
Sebagai upaya memverifikasi beberapa hal yang tidak terdaftar dalam BDT maka pihak Dinsospemdes Kab. Bangk harus berkoordinasi dan bekerjasama dengan Dindukpencapil terkait dengan masih adanya masyarakat miskin yang tidak memiliki NIK dalam data BDT.
Mengingat pada Tahun 2020 verifikasi dan validasi data BDT akan dilakukan sebanyak 4 kali dalam satu tahun. Maka data PKH, KIP, BPNP dan PBI Kabupaten Bangka harus diverifikasi dan diketahui statusnya, serta harus dilakukan penyandingan data PBI APBN dan PBI Kabupaten serta dengan data BDT.

Sumber: 
Bappeda
Penulis: 
Normah