Primary tabs

Wujudkan Pengelolaan BUMDes yang Efektif dan Akuntabel

Body: 

Sungailiat, bangka.go.id - Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) yang merupakan lembaga usaha Desa kemudian dikelola oleh masyarakat melalui Pemerintah Desa sebagai upaya memperkuat perekonomian Desa serta dibentuk berdasarkan kebutuhan dan potensi desa. Untuk itu, diperlukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dalam mewujudkan sistem serta tata kelola BUMDes yang efektif dan akuntabel.

Hal tersebut seperti dikatakan Bupati Bangka, Mulkan SH MH, saat membuka Bimbingan teknis (Bimtek) aplikasi Sistem Informasi dan Akuntansi (SIA) bagi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Senin (24/02/2020) di OR Bina Praja, Setda Bangka.

"Tentu harapan kita bersama agar BUMDes yang ada di setiap wilayah lebih berkembang, maju dan yang lebih penting yakni dapat lebih akuntabel sehingga tata kelola di dalamnya dapat dipertanggungjawabkan," imbuh Mulkan.

Ditambahkan Mulkan, kemajuan BUMDes sangat ditentukan oleh keseriusan seluruh SDM di dalamnya. Dikatakannya, perlu ada sinergisitas antar komponen dalam upaya meningkatkan taraf kesejahteraan yang menyangkut seluruh masyarakat Desa tersebut.

"Kami menghimbau agar perusahaan dapat bermitra dengan Pemerintah Desa melalui BUMDes ini, kami akan lakukan evaluasi sejauh mana kemitraan yang telah dilakukan," himbau Mulkan.

Kegiatan tersebut menghadirkan narasumber dari Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Bimbingan teknis (Bimtek) aplikasi Sistem Informasi dan Akuntansi (SIA) bagi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Kabupaten Bangka tersebut berlangsung selama tiga hari, yakni (24-26) Februari 2020.

Turut hadir dalam acara pembukaan Bimtek tersebut segenap Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan kerja Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka.

Sumber: 
Dinkominfotik
Penulis: 
Dede Sukmana