Primary tabs

Tingkatkan Pelayanan Bagi Lansia, Dinsos Bangka Bentuk Komda Lansia

Body: 

Sungailiat - Pemkab Bangka dalam upaya memberikan pelayanan dan perlindungan bagi para lansia, melalui Dinas Sosial Kabupaten Bangka membentuk Komisi Daerah Lanjut Usia (Komda Lansia). Pembentukan tersebut berkoordinasi langsung dengan OPD terkait, PT Timah, Unsur Masyarakat serta LSM.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bangka, Bahrudin Bafa menyanpaikan Komda Lansia merupakan upaya dalam melakukan pemberdayaan masyarakat dalam penanganan lanjut usia yang ada di daerah. Sehingga para lansia dapat diberdaya secara intensif, menyeluruh dan terpadu.

"Hari ini kami langsung melakukan koordinasi dengan pihak terkait guna membahas perumusan kebijakan, strategi, program kegiatan serta langkah-langkah yang diperlukan dalam penanganan lansia," ungkap Bahrudin.

Langkah strategis yang dilaksanakan kedepannya yaitu pembentukan Komda Lansia di tingkat kecamatan ataupun di kelurahan dan desa. Melalui Lembaga Kesejahteraan Sosial Lanjut Usia (LKSLU) yang merupakan organisasi sosial dalam melaksanakan penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

"Untuk pelaksanaan kegiatan pelayanan akan menggunakan Standar Lanjut Usia yang diharapakan dapat memberikan acuan bagi masyarakat dalam pembentukan lembaga dan pelaksanaan Rehabilitasi Sosial bagi Lanjut Usia," pungkas Bahrudin.

Sumber: 
Dinkominfotik
Penulis: 
M.Khadafi