Primary tabs

Telemedicine Pemkab Bangka Segera Diluncurkan

Body: 

Belinyu, bangka.go.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka telah menyiapkan serangkaian kegiatan serta sarana penunjang untuk meluncurkan program Telemedicine. Tahapan demi tahapan telah dilakukan seperti pengadaan alat tele EKG, tele USG, tele Radiologi serta tele Konsul. Terdata sebanyak lima layanan bidang kesehatan yang terdiri dari empat Puskemas dan satu Rumah Sakit di Kabupaten Bangka akan menerapkan program tersebut.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Bangka, dr. Then Suyanti., Selasa (16/07/19) saat diwawancarai. Then menuturkan, Telemedicine merupakan layanan kesehatan yang dilakukan jarak jauh berupa data medis elektronik sehingga dokter terlibat langsung dalam arus komunikasi dua arah dengan pasien dan pihak medis lainnya.

“Kita tahun ini akan luncurkan Telemedicine ini. Kita sudah persiapkan dari sekarang dan bulan Agustus 2019 semua sudah rampung,” imbuh Then.

Diungkapkan Then, setelah di luncurkan penerapan program Telemedicine akan berjalan di Rumah Sakit Eko Maulana Ali Belinyu, Puskesmas Belinyu, Puskesmas Riau Silip, Puskesmas Bakam dan Puskesmas Petaling.

“Jadi nanti sekaligus akan di luncurkan lima pusat layanan kesehatan yakni Rumah Sakit Eko Maulana Ali Belinyu, Puskesmas Belinyu, Puskesmas Riau Silip, Puskesmas Bakam dan Puskesmas Petaling,” tuturnya.

Ditambahkannya, manfaat Telemedicine mencakup lima aspek yaitu, mempercepat akses pasien ke pusat rujukan dengan menggunakan aplikasi, mudah mendapat pertolongan langsung dari dokter pribadi, pasien tetap merasakan dekat dengan rumah sehingga mendapatkan dukungan dari keluarga, menurunkan stres mental dan memilah antara pasien yang harus dirawat inap dan rawat jalan.

Lebih lanjut dirinya menyampaikan, pihaknya akan melakukan pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM) dari empat Puskesmas yang terdata yang terpusat di RS Eko Maulana Ali Belinyu.

“Nanti kita akan kumpulkan untuk magang disini karena disini sudah berjalan beberapa alat yang mendukung program Telemedicine ini. Semua akan terkonsentrasi disini karena nanti yang melatih langsung dari Pusat,” jelas Then. (Pemkab Bangka)

Sumber: 
DINKOMINFOTIK
Penulis: 
Dede Sukmana
Editor: 
Derika/M.Khadafi