Primary tabs

Sinkronisasi Informasi Jabatan dan Analisa Beban Kerja dalam Lingkup BAPPEDA

Bidang Pengendalian dan Evaluasi mengadakan Rapat Kerja Penyusunan Informasi Jabatan dan Analisa Beban Kerja (ABK) dalam lingkup BAPPEDA Kabupaten Bangka. Acara ini dibuka langsung oleh Kepala Bidang Pengendalian dan Evaluasi, Vini Awilia,S.Pi., MM selaku pemimpin rapat yang dihadiri oleh pejabat eselon III, IV beserta staf bertempat di Operational Room BAPPEDA pada Hari Rabu Tanggal 5 Juli 2017.  

Rapat kerja penyusunan informasi jabatan dan analisis beban kerja ini diharapkan agar menjadi dasar dalam melengkapi dokumen-dokumen informasi jabatan yang berpedoman pada peraturan yang telah ditetapkan. Selain itu, pertemuan ini dijuga menjadi salah satu upaya Sinkronisasi dan menyatukan persepsi dalam menyusun informasi jabatan dari masing-masing pegawai.

Dasar dari Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia, Nomor 25 tahun 2016 Tentang Nomenklatur jabatan pelaksana bagi pegawai negeri sipil di Lingkungan instansi pemerintah. Pedoman Pelaksanaan Informasi Jabatan merupakan proses, pencatatan, pengolahan, pengumpulan,  dan penyusunan data jabatan menjadi informasi jabatan dengan melalui verifikasi oleh tim yang telah ditetapkan. Syarat jabatan merupakan kualifikasi yang harus dipenuhi oleh pegawai itu sendiri untuk dapat melakukan pekerjaan dalam mengemban  jabatan. Syarat jabatan terdiri atas pangkat/golongan ruang, pendidikan, kursus/diklat, pengalaman kerja, pengetahuan kerja, keterampilan kerja, serta bakat kerja.

Dengan demikian seluruh pegawai diharapkan bisa memberikan informasi uraian tugas dalam pengisian blangko informasi Jabatan dan analisis beban kerja, hal ini penting karena menyangkut beban kerja yang di pangkunya akan berkorelasi erat dengan penentuan tunjangan kinerja sebagai dasar dalam proses pengelolaan sumber daya manusia, seperti perekrutan jumlah kebutuhan pegawai baru yang sesuai dengan tugasnya pada penyempurnaan fungsi setiap jabatan.

Sumber: 
Bappeda
Penulis: 
ilham isnandi
Fotografer: 
ilham isnandi
Editor: 
Diah Asrina