Primary tabs

SIKD Lahirkan Pengelolaan Arsip Mempuni Menuju Bangka Smart City

Body: 

Sungailiat, bangka.go.id - Di era modern seperti sekarang ini diperlukan pemanfaatan teknologi yang dapat menunjang kinerja agar lebih cepat, optimal dan efisien. Sarana dan prasarana yang serba digital saja tak cukup, diperlukan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal juga mempuni sebagai motor penggerak untuk menjalankan kebijakan Pemerintah Daerah sehingga dapat menghasilkan kinerja yang lebih optimal.

Hal tersebut seperti dikatakan Wakil Bupati (Wabup) Bangka, Syahbudin, SIP, Selasa (11/02/2020) di OR Bina Praja, Setda Bangka.

"Tujuan kegiatan ini untuk menghasilkan petugas pengelolaan arsip yang handal dalam mendukung program Bangka Setara menuju Bangka smart city yang madani," imbuh Wabup.

Upaya ini diperlukan langkah konkret, salah satunya melalui aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) yang dapat mempermudah rangkaian pengelolaan kearsipan yang efektif dan efisien.

"Sistem pengelolaan kearsipan berbasis teknologi informasi, SIKD adalah suatu aplikasi yang dirancang untuk pengelolaan arsip lebih dinamis," tutur Wabup.

Untuk itu, dirinya berharap, lembaga kearsipan juga dapat mengambil peran dalam agen penyelamat, pelestari dan pelayan arsip.

"Lembaga kearsipan ini bukan hanya mengelola, tetapi juga sebagai penyelamat, pelestari dan pelayanan kearsipan," pungkasnya.

Sumber: 
Dinkominfotik
Penulis: 
Dede Sukmana