Primary tabs

Satu Dekade PSC, Berikan Pelayanan Terbaik Bagi Masyarakat

Body: 

Sungailiat - Selama lebih sepuluh tahun Public Safety Center (PSC) 119 telah memberikan kontribusi pelayanan bagi masyarakat Sepintu Sedulang. Melalui peringatan hari jadi yang ke sepuluh tahun, PSC menggelar berbagai kegiatan yang terpusat di Kantor UPT PSC 119 yang berada di Jl. Jendral Sudirman Sungailiat, Sabtu (1/2/2020).

Berbagai rangkaian kegiatan yang dilaksanakan diantaranya sosialisasi penanganan gawat darurat, pemeriksaan kesehatan gratis, peningkatan kapasitas tenaga medis serta berbagai kegiatan perayaan lainnya. Yang semua itu merupakan bentuk rasa syukur dan upaya peningkatan pelayanan yang maksimal dan profesional.

Ketua pelaksana kegiatan, dr Regies Mumpuni Ramadani menyampaikan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Daerah (Pemda) yang telah mendukung segala upaya dilakukan PSC. Terlebih lagi kepada seluruh mitra Rumah Sakit yang telah bersedia menjadi tempat rujukan apabila terjadinya gawat darurat.

Bupati Bangka, Mulkan SH MH yang turut hadir menyampaikan apresiasi kepada PSC yang telah menjadi mitra pemerintah dalam memberikan pelayanan kesehatan. Terlebih lagi pelayanan yang diberikan dapat dilakukan di manapun dan kapanpun secara cepat dan tepat.

"Kesehatan merupakan usuran wajib bagi pemerintahan kami. Dimana anggaran untuk kesehatan juga kami berikan cukup banyak setelah pendidikan. Sehingga perlu ditingkatkan terus upaya pelayanan kesehatan bagi masyarakat," ungkap Mulkan.

Semenjak kepemimpinannya, dilakukan juga pemindahan Lokasi PSC yang sebelumnya terletak di belakang kini berada di jalur protokol. Hal tersebut merupakan upaya untuk terus mempromosikan fungsi dan peran PSC kepada masyarakat.

Untuk mendukung peran dan fungsi PSC, Kabupaten Bangka juga membangun dua unit Pos PSC yang terletak di Kecamatan Puding Besar dan Belinyu. Tujuan pembentukan Pos tersebut merupakan upaya memangkas waktu pelayanan apabila lokasi kejadian cukup jauh dijangkau dari Sungailiat.

Kepala Sub Bidang Gawat Darurat Kementrian Kesehatan Indonesia, dr Asral Hasan menyampaikan hingga kini telah terdapat 205 PSC yang tersebar di seluruh Indonesia. Kedepannya jumlah tersebut akan terus ditingkatkan guna mencapai setiap kabupaten memiliki PSC.

"Saya juga berharap adanya komitmen dari stakeholder pemerintahan setempat dalam menjamin kesehatan masyarakatnya. Yang pada akhirnya setiap individu masyarakat paham mengambil tindakana apabila terjadi gawat darurat," ungkapnya.

Sumber: 
Dinkominfotik
Penulis: 
A. Mangatas