Rapat Koordinasi Evaluasi DAK Triwulan II Tahun 2017

(Rabu, 18 Juli 2017) Bidang Pengendalian dan Evaluasi mengadakan Rapat Koordinasi Evaluasi DAK Triwulan II di Operational Room (OR) BAPPEDA yang dipimpin langsung oleh Ibu Vini Awilia selaku Kepala Bidang Pengendalian dan Evaluasi. Turut hadir para peserta rapat perwakilan dari beberapa OPD yakni DINPUPRP, DINPERKPP, DINPERTAN, DINAKERPERINDAG, DINPERKAN, DP2KBP3A, DINDIKBUD, DINPARPORA, DINDUKPENCAPIL, DINKES, RSUD Sungailiat, RSUD Dr.Eko Maulana Ali Belinyu.

Selain untuk memetakan kondisi perkembangan DAK Tahun 2017, acara ini dimaksudkan untuk mengidentifikasi secara seksama hambatan-hambatan DAK yang dihadapi oleh masing-masing OPD. Beberapa hambatan yang meliputi baik realisasi keuangan dan fisik hingga dengan triwulan II ini serta  rencana tindak lanjut dalam langkah yang harus disepakati dalam melaksanakan kegiatan sesuai dengan apa yang telah direncanakan.

Keterlambatan Juknis/juklak dari Kementrian/Lembaga terkait serta lamanya proses pelelangan hingga Adanya perubahan anggaran dan volumen kegiatan merupakan salah satu kendala dalam pelaksanaan DAK Tahun 2017. Selain itu terlambatnya penentuan alokasi penerima manfaat yang berdampak pada rendahnya realisasi fisik dan keuangan hingga triwulan II ini.

Beberapa upaya tindak lanjut untuk melaksanakan program/kegiatan dari DAK Tahun 2017 agar berjalan sesuai dengan yang diharapkan untuk itu adanya   monitoring secara berkala pelaksanaan kegiatan proyek, mulai dari pra pelaksanaan sampai dengan akhir pelaksanaan dan mengintensifkan koordinasi dengan OPD terkait dan pihak ketiga agar pelaksanaan dan proses pencaiaran dana dapat terealisasi sesuai dengan rencana serta melaporkan secara rutin perkembangan dari pada Program/kegiatan hasil kemajuan DAK setiap tri wulan.

Sumber: 
Bappeda
Penulis: 
Ilham Isnandi
Fotografer: 
BAPPEDA
Editor: 
Diah Asrina