Primary tabs

Qurban Rumah Dinas Bupati Bangka, 30 Ekor Sapi Dipotong

Body: 

Sungailiat - Dalam rangka merayakan Hari Raya Idul Adha 1442 H sebanyak 30 ekor sapi dipotong di Rumah Dinas Bupati Bangka, Rabu (21/7/2021). Sapi-sapi tersebut merupakan sumbangan dari para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serta para pengusaha di Lingkungan Pemkab Bangka.

Dikatakan Bupati Bangka, Mulkan SH MH qurban bersama Pemkab Bangka merupakan suatu rutinitas tahunan para seluruh pegawai Pemkab Bangka. Selain bentuk suatu kepedulian untuk saling berbagi juga sebagai ajang silaturahmi serta menjalin kekompakan antar keluarga Pemkab Bangka.

"Alhamdulillah selalu terjadi peningkatan dari jumlah sapinya dari tahun ketahun dan tahun ini sebanyak 57 ekor sapi. 30 kita potong di rumah dinas dan 27 kita distribusikan ke sejumlah masjid dan tempat," ujar Mulkan.

Hasil daging pemotongan sapi di Rumah Dinas akan dibagiakan kepada pegawai di Lingkungan Pemkab Bangka. Panitia juga telah menyiapkan 1920 kupon pengambilan daging bagi pegawai termasuk para tenaga kontrak.

Dalam prosesi pemotongan hewan qurban tersebut, Wakil Bupati Bangka juga berkesempatan untuk memotong hewan qurban. Diringi suara takbir serta do'a, Wakil Bupati Bangka memotong sapi satu persatu.

"Mari kita tingkatkan kepedulian dengan masyarakat, salah satunya dengan pembagian daging kurban ini agar dapat dirasakan oleh seluruh masyarakat," ujar Wakil Bupati Bangka, Syahbudin SIP.

Seluruh daging hewan qurban juga dilakukan pemeriksaan kesehatan agar menjamin keamanan saat dikonsumsi. Pemeriksaan dilakukan langsung dokter hewan dibawah pengawasan Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bangka.

"Alhdulillah seluruh hewan qurban telah kita periksa termasuk bagian dalamnya seperti hati, limpa, dan paru. Hasilnya ada sejumlah bagian yang kami singkirkan sehingga yang dibagikan memang benar benar sehat," tutup Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bangka, Trisnaningsih.

Sumber: 
Dinkominfotik
Penulis: 
A. Mangatas