Primary tabs

Peringatan Hari AIDS Sedunia, Dinkes Bangka Gelar Aksi Sosial

Body: 

Sungailiat - Dalam rangka memperingati Hari AIDS sedunia yang diperingati setiap tanggal 1 Desember, Dinas Kesehatan melakukan aksi sosial dengan turun ke jalan. Aksi sosial tersebut meliputi pembagian masker, leaflet serta bunga bagi pengendara roda dua maupun empat yang melintasi perempatan lampu merah Jalan Jendral Sudirman, Selasa (1/12/2020).

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka, Then Suyanti mengatakan aksi sosial tersebut dilaksanakan sebagai upaya preventif terhadap penyebaran AIDS di masyarakat. Sehingga masyarakat lebih sadar serta peduli dengan potensi yang dapat menyebabkan terjangkitnya penyakit AIDS.

"Melalui peringatan Hari AIDS Sedunia ini kita jadikan sebagai momentum untuk memulai gerakan masyarakat bersama-sama untuk semakin perduli dan sadar akan pencegahan HIV/AIDS," ungkap Then.

Selain itu dirinya mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak segan dalam memeriksa kesehatan reproduksi di fasilitas kesehatan. Mengingat kesadaran masyarakat terutama di Kabupaten Bangka dalam melakukan cek kesehatan secara rutin berkala perlu lebih ditingkatkan lagi.

"Dengan menjalani tes kesehatan di fasilitas kesehatan kita dapat mengetahui apakah kita terjangkit dari HIV. Apabila diketahui terdapat penyakit HIV maka penanganannya dapat dilakukan dengan cepat dan mencegah kematian," tutur Then.

Koordinator lapangan pelaksana kegiatan, Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular {P2PM), Sopianto menjelaskan animo masyarakat terhadap aksi tersebut lumayan cukup tinggi. Terlihat dari pengendara yang membaca dan mengambil leaflet, masker serta bunga yang diberikan.

Aksi sosial tersebut diselengrakan berkat kerjasama dari tim Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka dan dibantu Tim Promotor Kesehatan Dinkes Kabupaten Bangka seeta Tim dari Puskesmas Sungailiat sebagai areal tugas.

Sumber: 
Dinkes
Penulis: 
Dinkes l A. Mangatas