Penandatanganan Perubahan Perjanjian Kinerja Kab. Bangka Tahun 2017

Komitmen bupati bangka untuk meningkatkan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (SAKIP) dari kategori “CC” menjadi “BB” pada tahun 2017 melalui pendampingan KEMENPAN RB.

Penandatangan perubahan perjanjian kinerja dilatarbelakangi penetapan dokumen pelaksanaan perubahan anggaran (DPPA) tahun 2017 yang berimplikasi terhadap perubahan alokasi anggaran dan indikator kinerja.

Penandatangan perubahan perjanjian kinerja merupakan salah satu tahapan sakip sekaligus sebagai bentuk nyata  komitmen antara penerima dan pemberi amanah untuk meningkatkan integritas, akuntabilitas, transparansi dan kinerja aparatur.

Penandatanganan perubahan perjanjian kinerja mutlak dilakukan sebagai bentuk upaya perbaikan manajemen kinerja diharapkan mampu menjadi stimulator pengelolaan anggaran yang tepat sasaran, mendorong kinerja kearah yang lebih baik sehingga mampu memberikan hasil sesuai kebutuhan masyarakat dan meningkatkan pelayanan publik.

Perubahan perjanjian kinerja menjadi salah satu fokus evaluasi sakip tahun 2017 yang akan dilaksanakan pada minggu ketiga bulan oktober 2017 dan akan dievaluasi secara langsung oleh KEMENPAN RB.

Seluruh kepala opd wajib menetapkan perubahan perjanjian kinerja eselon III dan eselon IV dalam rangka memastikan sasaran organisasi dapat dicapai secara efektif dan efisien paling lambat 2 (dua) hari setelah penandatanganan perjanjian kinerja eselon ii dan segera menyampaikan dokumen tersebut ke bupati melalui kepala bappeda.

Setiap kepala OPD untuk segera mempersiapkan persyaratan utama yang dibutuhkan dalam evaluasi sakip nanti dan terus melakukan monitoring dan pengendalian kinerja dimaksud serta melaporkan kepada bupati secara berkala.

Persyaratan utama dimaksud yakni : 1) perencanaan kinerja OPD yang meliputi RENSTRA OPD, SK IKU, cascading/pohon kinerja dan perjanjian kinerja per masing – masing eselon; 2) dokumen laporan kinerja opd tahun 2016; 3) melakukan entry data ke aplikasi SILAKIP bangka.

Sumber: 
Bappeda
Penulis: 
BAPPEDA
Fotografer: 
Ilham Isnandi
Editor: 
BAPPEDA