Primary tabs

PEMKAB BANGKA SERIUS DALAM PENANGGULANGAN KEMISKINAN

Body: 

Pemerintah Kabupaten Bangka berkomitmen untuk terus menurunkan angka kemiskinan dimulai dari adanya pembenahan data masyarakat miskin serta meningkatnya anggaran untuk perlindungan sosial.
Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Bangka menggelar Rapat Koordinasi Program Keluarga Harapan (PKH) yang berlangsung di OR Bangka Setara Kabupaten Bangka, Kamis 5 September 2019.
Bupati Bangka dalam sambutannya menyampaikan “Rakor ini sangat penting dilaksanakan dimana kita dapat mempererat tali silaturahmi, juga dapat menyatukan pemahaman dan pandangan guna mensukseskan Program Keluarga Harapan serta berdampak pada penurunan angka kemiskinan di Kabupaten Bangka, selain PKH berbagai upaya yang kita lakukan untuk penanggulangan kemiskinan diantaranya Beasiswa untuk siswa kurang mampu, dana kesehatan dan masih banyak lagi” Ujar Mulkan.
Penurunan angka kemiskinan dan ketimpangan diharapkan lebih besar lagi dengan kebijakan peningkatan nilai bantuan PKH yang ditujukan untuk memberi dampak yang lebih besar terhadap perubahan ekonomi dan sosial keluarga. Kabupaten Bangka memiliki jumlah Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sebanyak 4.729 (Per-Agustus 2019), dengan 25 orang Pendamping Sosial PKH yang tersebar pada delapan Kecamatan.
Diakhir sambutannya Bupati Bangka berharap kepada para pendamping PKH harus dapat melaksanakan koordinasi, sosialisasi, monitoring dan evaluasi guna menjamin keterpaduan dan keberhasilan program keluarga harapan serta meminta agar data KPM PKH di Kabupaten Bangka ditinjau ulang agar Program ini tepat sasaran.
“Kami minta para pendamping untuk koordinasi dengan pihak kepala desa sehingga KPM tepat sasaran. Jangan sampai keliru datanya. Karena jika diindikasi keliru bisa berurusan dengan petugas. Untuk rekan-rekan pendamping PKH laksanakan tugas dengan ikhlas,” ucap orang nomor satu di Bangka ini.
Sementara Kepala Bidang Rehabilitasi, perlindungan dan jaminan sosial Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa menuturkan bahwa “ Rakor ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan sinergitas para pemangku kebijakan daerah dalam menunjang program keluarga harapan di Kabupaten Bangka dan untuk menyamakan persepsi serta mencari solusinya,”Ungkap Aris.

Sumber: 
Bappeda
Penulis: 
Normah, S.Ag, M.Pd