Primary tabs

Mulkan Minta Masyarakat Waspadai Virus Corona, Keluar Rumah Harus Kenakan Masker

Body: 

BANGKAPOS.COM, BANGKA -- Bupati Bangka Mulkan bersama Wakil Bupati Bangka Syahbudin serta Ketua TP PKK Bangka, Yusmiati Mulkan usai kegiatan di Pasar Kite Sungailiat melanjutkan untuk meletakkan dua unit peralatan wastafel pencuci tangan bantuan pengurus PDI Perjuangan kepada Pemkab Bangka di Pasar Belinyu, Selasa (07/04/2020).
Bupati Bangka secara simbolis menyerahkan bantuan ini kepada Camat Belinyu, Syarli Nopriansyah didampingi Kepala UPT Pasar Belinyu dan unsur Muspida Belinyu.
Selain itu juga dilanjutkan dengan pembagian langsung ratusan masker kain kepada masyarakat yang sedang beraktifitas di Pasar Belinyu.
Bupati Bangka dan rombongan juga sempat berhenti di Simpang Kemplang Jalan Gajah Mada Belinyu untuk membagikan ratusan masker kain secara langsung kepada masyarakat dalam rangka mengantisipasi penyebaran penularan wabah Covid-19 di Kabupaten Bangka.
Setelah itu mengunjungi Posko Bersama Siaga Darurat Bencana Wabah Covid-19 Kecamatan Belinyu di eks Kantor Kelurahan Kuto Panji Belinyu.
Terakhir Bupati Bangka dan rombongan istirahat sambil makan siang dengan menu ikan bakar, ikan lempah kuning, sayur tumis kangkung dan minum air kelapa muda di warung sederhana Pantai Tanjung Putat Belinyu.
Bupati Bangka Mulkan mengatakan semua kegiatan yang sudah dilaksanakan ini baik di Pasar Kite Sungailiat, Pasar Belinyu dan lainnya merupakan upaya dalam mengantisipasi penyebaran penularan Wabah Covid-19 di Kabupaten Bangka.
"Masyarakat kita harapkan senantiasa waspada, baik saat keluar rumah harus memakai masker, juga di rumah pada saat menerima tamu dan keluarga yang datang," kata Mulkan.
Diharapkannya masyarakat bisa sadar dan mengetahui kalau kesehatan itu sangat mahal karena itu kita harus menjaga kesehatan tubuh, seperti budayakan untuk mencuci tangan sebelum dan sesudah melakukan kegiatan dan juga perhatikan kebersihan pakaian yang kita gunakan.
Diungkapkannya ada sekitar 1.000 lembar masker kain yang dibagikan untuk masyarakat di Sungailiat dan Belinyu ini agar nantinya bisa digunakan untuk mengantisipasi pencegahan penularan Wabah Covid-19.
"Kita sengaja membagikan masker kain agar masyarakat bisa menggunakan secara berulang kali asalkan rajin dicuci, kalau dari bahan tisu maka tidak bisa digunakan secara kontinyu," jelas Mulkan.
Sementara Wabup Bangka, Syahbudin mengimbau kepada masyarakat yang baru datang dari wilayah zona merah untuk secara sukarela segera melapor dan memeriksakan kesehatannya ke puskesmas terdekat.
"Selanjutnya melakukan isolasi mandiri di rumah dengan mengikuti SOP yang sudah disampaikan petugas kesehatan dan Tim Gugus Tugas Kabupaten, Kecamatan hingga desa/kelurahan," kata Syahbudin.
Ditambahkannya, mari kita berikan dukungan kepada para petugas medis dan para relawan yang bertugas di garis depan penanganan wabah Covid-19 ini dengan cara bersama-sama menjaga kebersihan secara pribadi.
" Kita berharap Kabupaten Bangka ini tetap bisa mempertahankan zona hijau dan berdoa soga dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi wabah Covid-19 ini segera berakhir," harap Syahbudin.

Sumber: 
Bangkapos
Penulis: 
Edwardi
Tags: 
Inovasi Pelayanan Publik Covid-19