Primary tabs

Mesin Pembuat Lobang Junjung Lada Jadi Pemenang Lomba Teknologi Tepat Guna

Body: 

Sungailiat – Mesin pengebor yang bertujuan membuat lobang junjung atau tajar lada menjadi pemenag dalam lomba teknologi tepat guna yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Bangka, Jum’at (16/10/2020). Mesin tersebut merupakan hasil karya dari Suripto yang merupakan salah satu masyarakat Desa Mabat Kecamatan Bakam.

Selain Suripto, masih ada dua pemenang lainnya yaitu teknologi molen penyampur bumbu tela-tela yang merupakan hasil karya dari Maryanto serta mesin pencacah pelepah kelapa sawit yang merupakan hasil karya dari mahasiswa Politeknik Manufaktur Babel. Kedepannya teknologi tersebut dapat dikembangkan guna memberikan kemudahan dalampekerjaan masyarakat.

Selain memperoleh sertifikat saerta piagam penghargaan, para pemenag juga mendapatkan uang pembinaan guna mengembangkan teknologi yang telah diciptakan. Selain itu para pemenang juga akan diikut sertakan dalam kompetisi teknologi tepat guna pada tingkat Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Bupati Bangka, Mulkan SH MH saat memberikan hadiah menyampaikan ucapan selamat dan terimakasih atas keikut sertaan peserta dalam ajang teknologi tepat guna. Dikatakannya, suatu inovasi dan ide-ide kreatif sangat diperlukan guna memajukan daerah Kabupaten Bangka.

“Terimakasih kepada seluruh peserta yang telah peduli dengan mengembangkan kreativitas, sehingga memberikan kemudahan dalam melakukan kegiatan apapun seperti membantu masyarakat dalam berkebun lada. Sehingga dengan adanya alat ini masyarakat tidak terlalu lelah untuk mendirikan junjung sahang,” ungkap Mulkan.

Selain memberikan penghargaan bagi teknologi tepat guna, dilakukan juga penlian bagi desa dan kelurahan terbaik di tingkat Kabupaten Bangka. Desa Pagarawan Merawang menjadi pemenang disusul Desa Rukan dan Kapuk, sedangkan unutk kategori kelurahan terbaik diraih Kelurahan Srimenanti dan disusul Kelurahan Mantung.

“harapnnya dengan adanya penghargaan ini dapat menjadi pemacu bagi daerah lainnya untuk berpartisipasi. Sehingga daerah lainnya akan termotivasi untuk maju dan memajukan daerah,” pungkas Mulkan.

Sumber: 
Dinkominfotik
Penulis: 
A. Mangatas