Primary tabs

Kepala BAPPEDA jadi narasumber Talkshow GERMAS

Gerakan Masyarakat Hidup Sehat atau yang sering kita sebut sebagai Germas menjadi tema talk show yang mana kepala BAPPEDA menjadi salah satu narasumber dalam acara tersebut. Berlokasi di pantai Tanjung Pesona Bay bincang bincang tersebut di latarbelakangi sinar matahari pagi dan udara pantai yang segar. germas merupakan suatu tindakan sistematis dan terencana yang dilakukan secara bersama sama oleh seluruh komponen masyarakat.
Dengan penuh kesadaran, kemampuan dan kemauan berperilaku sehat untuk meningkatkan kualitas kehidupan.
Germas dapat dilakukan dengan cara: aktifitas fisik, makan buah dan sayur, tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol, memerikasa kesehatan secara rutin, membersihkan lingkungan dan menggunakan jamban.
Menurut kepala BAPPEDA “ biaya yang di keluarkan karena merokok bisa mencapai 2,8 Triliyun dalam 1 tahun”.
oleh karena itu Tujuan germas selain menurunkan biaya berobat juga untuk menjaga kesehatan, menciptakan lingkungan yg bersih dan menjadi manusia yg produktif. Pelaksanaan GERMAS merupakan kolaborasi lintas sektor diantaranya kepemudaan dan olahraga, perhubungan, pekerjaan umum, perumahan, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak, lingkungan hidup,pendidikan, BPJS, pangan, pertanian, pemerintahan desa dan lain sebagainya. Di Kabupaten Bangka untuk aktivitas fisik sudah dilakukan senam bersama setiap hari jumat di lanjutkan pemeriksaan rutin gratis, dan mencanangkan gerakan konsumsi pangan lokal.
Talkshow ini juga dihadiri narasumber dari Dinas Pariwisata Pemuda Dan Olahraga serta Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka.

Sumber: 
Bappeda
Penulis: 
Diah Asrina
Fotografer: 
Bappeda