Kabupaten Bangka Terima Tim Verifikasi Lapangan Kabupaten/Kota Sehat Tahun 2017

(Sungailiat,11 September 2017) Tim verifikasi penilaian Kabupaten/Kota sehat tingkat pusat berkunjung ke Kabupaten Bangka, dan diterima langsung oleh Bupati Bangka Tamizi Saat dan Ketua Forum Kabupaten Bangka Sehat (FKBS) H. Sofiandi dan beberapa kepala OPD terkait di Operational Room Bina Praja Sekretariat Daerah Kabupaten Bangka, Senin (11/9/2017). Hal itu berkaitan dengan keikutsertaan Kabupaten Bangka yang telah lolos dalam verifikasi bedah dokumen kabupaten/kota sehat tingkat nasional Tahun 2017.

Bupati Bangka dalam paparannnya menyampaikan dalam meningkatkan Prasarana dan sarana Kesehatan yang memenuhi standar, Pemerintah Kabupaten Bangka telah menerapkan enam dari dua belas puskesmas menjadi Puskesmas rawat inap yang masing-masing telah terakreditasi, serta dengan meningkatkan Rumah Sakit Sungailiat menjadi poliklinik anak dan menjadi instalasi bedah sentral. Pembangunan dua rumah sakit, RS Pratama Belinyu dan RS Pratama Puding Besar.

Lebih lanjut Bupati Bangka menambahkan “Dari beberapa unsur kesehatan tersebut Pemerintah Kabupaten Bangka berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Program lainnya yang beirisan dengan kesehatan adalah program unggulan yang telah mendapat penghargaan nasional yaitu program dalam meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) bernama Arisan Jamban ".

Sementara itu, tim verifikasi pusat kota kabupaten tingkat nasional Dading Setiawan mengatakan dari 34 provinsi, ada 17 Provinsi yang mengikuti lomba kabupaten kota sehat yang telah lolos dalam seleksi verifikasi bedah dokumen di Tahun 2017 ini, Kabupaten Bangka adalah Satu-satunya Kabupaten/Kota lolos hingga tahap verifikasi lapangan oleh pusat yang mewakili Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Dalam penilaian dan verifikasi Kabupaten/Kota Sehat Tahun 2017 ini Pemerintah Kabupaten Bangka memprioritaskan 6 tatanan penilaian yakni : kawasan pemukiman, sarana dan  prasarana umum sehat, kawasan saran lalu lintas tertib dan pelayanan transportasi sehat, kawasan pariwisata sehat, ketahanan pangan dan gizi, kehidupan masyarakat sehat yang mandiri, dan kehidupan sosial yang sehat.

Adapun jadwal penilaian verifikasi lapangan di Kabupaten Bangka Terjadwal mulai dari 11 hingga 13 September 2017 dengan mengunjungi lokus-lokus penilaian pada empat Kecamatan dengan melakukan evaluasi dengan tim daerah dan masyarakat dalam rangka pembinaan

Sumber: 
Bappeda
Penulis: 
Ilham Isnandi
Fotografer: 
Ilham Isnandi
Editor: 
Diah Asrina