Primary tabs

Kabid Litbang Menjadi Narasumber Talkshow Manajemen Tata Kelola Desa

Kepala Bidang Penelitian dan Pengembangan H.Harjono, S.TP.,M.Si menjadi narasumber Talkshow di Kantor Camat Merawang, Rabu 14 April 2018. Tema talkshow yang diadakan oleh STIE PERTIBA tersebut adalah manajemen tata kelola desa yang dihadiri oleh para peserta mahasiswa/i KKN dan perwakilan dari masing-masing pemerintahan desa serta tamu undangan lainnya.
Pelaksanaan acara tersebut adalah bagian dari rangkaian Kuliah Kerja Nyata (KKN) STIE PERTIBA angkata ke – 25 Tahun 2018 se Kecamatan Merawang yang meliputi lima lokasi yakni Desa Pagarawan, Desa Air Anyir, Desa Baturusa, Desa Balunijuk, Desa Jada Bahrin
Dipandu langsung oleh Ketua Jurusan Manajemen STIE PERTIBA Bapak Jauhari, Kabid Litbang memaparkan konsep pembangunan desa pada program strategis Kabupaten Bangka dalam mewujudkan Visi misi Kabupaten, yakni Bangka Bermartabat serta beberapa program prioritas APBN (Kementerian Desa) dan kegiatan prioritas APBDesa berdasarkan kewenangan lokal berskala desa.
Dalam paparannya beliau menyampaikan arah kebijakan pembangunan desa berdasarkan RPJPD Kab. Bangka 2005 – 2025 dengan mengembangkan potensi-potensi ekonomi lokal, meningkatkan kualitas sdm perdesaan, dan menanggulangi angka kemiskinan melalui penyediaan akses terhadap pelayanan sosial serta sarana dan prasarana ekonomi.
Ia menambahkan, Peningkatkan pelayanan pendidikan diarahkan kepada kelompok masyarakat miskin melalui pemberian pendidikan dasar 9 tahun gratis, dan meningkatkan layanan kependudukan catatan sipil bagi masyarakat sipil, Pemberian pelayanan kesehatan bagi masyarakat miskin serta Pemenuhan SPM Desa adalah bagian yang tidak kalah penting dalam arahan kebijakan pembangunan desa.

Sumber: 
Bappeda
Penulis: 
Ilham Isnandi
Editor: 
Diah Asrina