Primary tabs

JELITIK FESTIVAL, PERSEMBAHAN KKN-PPM UGM UNTUK KELURAHAN JELITIK

Body: 

(SUNGAILIAT) Memberikan pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu bagian dari tridharma pendidikan.Terkait hal tersebut, mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) Jogjakarta yang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di kelurahan jelitik Kabupaten Bangka melakukan berbagai program dan kegiatan nyata yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Dalam rangkaian acara Jelitik festival di Pantai Tanjung Pesona, mahasiswa KKN-PPM UGM unit Jelitik bersama seluruh warga Jelitik Kecamatan Sungailiat, mulai dari Sabtu(04) sore hingga Minggu(05) malam menyelenggarakan berbagai perlombaan baik untuk kalangan anak-anak, remaja, dan ibu-ibu di Kelurahan jelitik. Berbagai perlombaan mulai dari lomba makan kerupuk, goyang balon, lomba lari tuyul, lomba koin dalam pare, tarik tambang, lomba adzan, hafalan surat pendek, dan Cerdas Cermat Agama. Selain itu pula mahasiswa KKN-PPM UGM unit Jelitik juga menggelar senam sehat dan jalan santai yang dibuka oleh Bu Meirina Karulin Duwifa selaku Lurah Kelurahan Jelitik. Acara tersebut sekaligus mensosialisasikan hasil program kegiatan serta menandai akan berakhirnya program yang telah berjalan sejak bulan juni

Setelah senam sehat di tempat rekreasi Pantai Tanjung Pesona dengan mengambil rute jalan di seputaran pantai Tanjung Pesona dan Pantai Tikus Emas mahasiswa KKN UGM dan ratusan warga ikut berpartisipasi dalam dalam rangka untuk mewujudkan masyarakat sehat dan juga menyukseskan Festival Jelitik yang diselenggarakan oleh mahasiswa KKN-PPM UGM kerja sama dengan seluruh warga, kelurahan jelitik, Pemda Bangka, PT. Timah, Jasa Raharja, BPJS Ketenagakerjaan, PT. Wijaya Karya, Bank Sumsel Babel, Kopi ABC, PT. RBT, Pantai Tikus Emas, Pantai Tanjung Pesona serta sponsor lainnya.

Setelah jalan sehat, rangkaian kegiatan terus dilanjutkan dengan cek kesehatan gratis yang bekerjasama dengan Jasa Raharja dan Bidokes Polda Kepulauan Bangka Belitung, Sembako Murah, Talk Show dari Dinas Pariwisata, penampilan kesenian dari SDN 31, SDN 27, SDN 14 dan kesenian dari masyarakat jelitik serta pentasan hiburan dari beberapa peserta baik dari Mahasiswa KKN-PPM UGM, adik-adik dari lingkungan kelurahan jelitik serta pentasan hiburan lainnya. Dimalam hari beberapa pertunjukan lantunan dari hadrah dari pondok pesantren setempat turut meramaikan acara Jelitik Festival.

Salah satu mahasiswa yang melakukan KKN UGM Yogyakarta di Kelurahan Jelitik, menuturkan, “Berbagai lomba dan acara dalam rangkaian Jelitik Festival adalah ajang kita untuk membaur dengan warga sekaligus ajang memaparkan program kegiatan yang telah di terapkan melalui pemutaran beberapa video dan photo.

"Kami mengharapkan KKN kali ini dapat memberikan kontribusi yang nyata baik kepada masyarakat dan juga kepada pemerintah daerah melalui program dan kegiatan yang telah kami jalankan. Tentunya, saran dan masukan sangat kami harapkan agar sebagai bahan evaluasi bagi kami” tambahnya.

Sebelum penutupan acara, pembagian penghargaan (medali dan sertifikat), hadiah dan doorprize utama bagi para pemenang lomba dan para peserta yang beruntung turut dibagikan oleh bebera tamu undangan yang hadir baik dari Kepala BAPPEDA Provinsi Bangka Belitung, Fery Insani, Lurah Jelitik, Ibu Meirina, Kabid Litbang BAPPEDA, H. Harjono, S.Tp.,M.Si dn tamu undangan lain yang turut sebagai sponsor dan persembahan dari tim KKN UGM.

Mahasiswa KKN-PPM UGM unit Jelitik terdiri dari 29 mahasiswa berbagai jurusan dari empat cluster yakni Cluster agro, medika, soshum dan saintek dengan tema Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pergerakan UMKM dan Ekonomi Kreatif Menyongsong Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan masyarakat bebas ODF Kabupaten Bangka.

Sumber: 
Bappeda
Penulis: 
Ilham Isnandi