Primary tabs

Forum Anak Kabupaten Bangka, Wadah Aspirasi Bagi Anak

Body: 

Sungailiat - Kabupaten Bangka baru ini menggelar pertemuan Forum Anak seKabupaten Bangka yang dilaksanakan di Hotel Novila Sungailiat, Selasa (25/2/2020). Kehadiran Forum Anak tersebut diharapakan menjadi wadah penyampaian aspirasi bagi anak.

Seorang anak berhak mendapatkan perilaku dan perlindungan yang khusus dibandingkan orang dewasa. Sehingga kedepannya kejadian ataupun kekerasan kepada anak dapat dicegah dan dihilangkan.

Bupati Bangka, Mulkan SH MH juga menyampaikan betapa pentingnya wadah perkumpulan anak di Kabupaten Bangka. Karena anak saat ini meeupakan generasi penerus di masa depan yang akan menggantikan para pemimpin saat ini.

"Kepada seluruh anak didik kami, agar dapat belajar dengan baik dan bersungguh sungguh karena kalianlah masa depan yang akan menggantikan kami. Jangan pernah takut dengan tantangan tetapi cobalah untuk menghadapinnya," ungkap Mulkan.

Disampaikan Bupati Bangka juga, peran orang tua sangat penting dalam membentuk tumbuh kembang seorang anak. Karena setiap orang tua merupakan tenaga pendidik yang paling penting bagi anak tersebut.

"Untuk orang tua, berilah perhatian khusus bagi anak-anak kita. Anak jangan hanya dimanja tetapi berilah tantangan agar anak nantinya tidak manja ataupun hanya bergantung dengan orang tua," ujar Mulkan.

Ketua Pelaksana Kegiatan, dr. Jasminar menyampaikan tujuan dibentuk Forum Anak juga sebagai wadah perlindungan bagi anak dan meningkatkan kreatifitas seorang anak. Berbagai materi dan informasi akan disampaikan dalam pertemuan yang berlangsung selama tiga hari tersebut.

"Nantinya kita akan melaksanakan dialog, pemberian materi, diskusi, pemilihan pengurus forum anak, dan ajang kreasi bagi anak. Sehingga anak-anak nantinya benar benar mendapatkan pemahaman akan hak seorang anak," tutur Yasminar.

Sebagai perserta, sebanyak 100 orang siswa ikut berpartisipasi. Seluruh perserta tersebut merupakan siswa siswi perwakilan SMP dan SMA dari delapan kecamatan yang ada di Kabupaten Bangka.

Sumber: 
DINKOMINFOTIK
Penulis: 
A. Mangatas