Primary tabs

Focus Group Dicussion (FGD) pra studi kelayakan pembangunan pelabuhan laut

BAPPEDA kabupaten bangka melalui bidang sarana prasarana menggelar Focus Group Dicussion (FGD) pra studi kelayakan pembangunan pelabuhan laut di or. Bina Praja Setda Kab. Bangka oleh Direktorat Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan, Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung serta Pemkab Bangka yang dibuka langsung oleh staf ahli Bupati Bangka, Bapak Dawami dan Bapak Hery bagian perencanaan dari dijen pelabuhan laut kementerian perhubungan, (19/92018).

Penyelenggaraan FGD ini untuk mendapatkan masukan dari para pemangku kepentingan dan diharapkan adanya deskripsi kebutuhan riil pembangunan pelabuhan baru di wilayah kab. bangka (indikasi kelayakan/perlu-tidaknya) berdasarkan pertimbangan aspek ekonomi-sosial dan teknis sehingga rekomendasi indikasi paling layak pada wilayah tersebut guna dapat dilanjutkan secara optimal untuk kegiatan studi kelayakan dan seterusnya.

Dalam sambutannya, staf ahli Bupati Bangka bidang perekonomian Bapak Dawami menjelaskan pembangunan pelabuhan laut sebagai upaya mewujudkan jati diri bangsa sebagai negara maritim dan sebagai salah satu negara yang memiliki daerah laut di lokasi yang strategis dan bernilai ekonomis tinggi.

Dijelaskannya, Pemerintah Kabupaten Bangka mendukung pembangunan infrastruktur pelabuhan laut untuk memperlancar arus penumpang, barang dan jasa. terkait dengan hal tersebut dan program kerja kementerian perhubungan yang menyelenggara diskusi ini, sebagai studi awal untuk menentukan kelayakan pembangunan pelabuhan di Kabupaten Bangka karena itu Pemkab Bangka siap mendukung dan berpartisipasi aktif agar kegiatan diskusi dapat berjalan dengan baik dan lancar sehingga memiliki dampak dan nilai positif untuk meningkatkan pembangunan, khususnya pembangunan infrastruktur di Kabupaten Bangka.

FGD ini merupakan kegiatan dari Ditjend. Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan RI yang dalam kegiatan ini turut hadir pihak distrik navigasi kelas I Palembang, perwakilan dari Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas IV Pangkalbalam, PT. PELINDO II Pangkal Balam, DANLANAL prov. Kep. Babel, Kepala Stasiun Meteorologi Kelas I Pangkalpinang, PPN Sungailiat, Kantor ATR/BPN Kab. Bangka, Bappelitbangda prov. Kep. Babel, Dinas Perhubungan Prov. Kep.Babel, Dinas Kelautan dan PErikanan Prov. Kep Babel dan beberapa perwakilan OPD lingkungan Kab. Bangka seperti dari DINPUPRP, DIN LH, DINPERKAN, DINPERKPP Kab. Bangka.

Sumber: 
Bappeda
Penulis: 
Bappeda