Primary tabs

DP2KBP3A Bangka Gelar Workshop Dalam Mencegah Kenakalan dan Kekerasan Pada Anak

Body: 

Sungailiat - Dinas Pengendalian Penduduk,
Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Bangka melaksanakan workshop dalam hal pencegahan kenakalan dan kekerasan pada anak. Kegaiatan yang difasilitasi dari Provinsi tersebut dilaksanakan di Hotel Novilla, Jum'at (23/10/2020).

Kegiatan tersebut melibatkan puluhan prserta dari para kader hingga aktivis di masyarakat. Sehingga diharapkan mampu memberikan pengawasan kepada anak-anak dalam menjalankan kehidupan di lingkungan masyarakat.

Kepala DP2KBP3A Bangka, Nurita menjelaskan kategori umur bagi seorang anak yaitu maksimal delapan belas tahun. Sehingga perlu adanya pembinaan dan pengarahan agar masa depan anak dapat terjamin.

Selain itu dirinya menjelaskan akhir-akhir ini kenakalan dan kekerasan terhadap anak semakin meningkat. Sehingga perlu adanya upaya dalam hal pencegahan dan sosialisasi terhadap penanganan kenakalan dan kekerasan terhadap anak.

"Banyak faktor yang menyebabkan kenakalan dan kekerasan anak dalam rumah tangga diantaranya yaitu faktor ekonomi, pengaruh lingkungan, dan ketidak harmonisan dalam rumah tangga," ungkap Nurita.

Dikesempatan yang sama, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak, Kependudukan Pencatatan Sipil dan Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Provinsi Bangka Belitung, Susanti menjelaskan Bangka Belitung masih berada di posisi 8 dari kasus pernikahan dini secara nasional pada tahun 2019. Sehingga perlu adanya upaya untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

"Pernikahan dini atau dengan umur masih anak tersebut sangat berbahaya karena calon ibu yang masih belum siap. Sehingga berpotensi menyebabkan anak stunting dan masih banyak masalah lainnya," pungkas Susanti.

Sumber: 
Dinkominfotik
Penulis: 
A. Mangatas