Primary tabs

Dengan SI INTAN, Identifikasi Tanaman di Hutan Kota Semakin Mudah

Body: 

Sungailiat - Kini untuk mengetahui nama dan jenis tanaman yang ada di Hutan Kota semakin mudah. Hal tersebut berkat diresmikannya aplikasi berbasis QR Barcode 'SI INTAN' (Sistem Informasi Tanaman) hasil inovasi dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bangka.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bangka, Meina Lina menyampaikan setidaknya ada 44 jenis tanaman di Hutan Kota Sungailiat yang telah diidentifikasi dan diberikan barcode. Dua puluh dua diantaranya berada di daratan dan dua sisanya berada di perairan.

Sedangkan informasi tanaman yang diberikan berupa deskipsi mulai dari taksonomi, nama daerah dan nama ilmiah. Selain itu juga terdapat ciri-ciri tanaman serta habitat hidup tanaman tersebut.

"Setiap masyarakat ataupun pelajar dapat memindai barcode yang telah ditempelkan di setiap pohon. Memindainya dapat menggunakan aplikasi yang ada bawaan android ataupun dapat menggunduh QR Barcode di Play Store," ujar Meina saat peresmian di Hutan Kota Sungailiat, Jum'at (18/9/2020).

Inovasi tersebut dikatakannya merupakan upaya untuk meningkatkan edukasi pemahaman masyarakat terkait jenis-jenis tanaman. Sehingga kedepannya dapat dimanfaatkan baik di bidang pendidikan ataupun penelitian.

Bupati Bangka, Mulkan SH MH menyampaikan saat ini banyak masyarakat yang tidak mengetahui nama tanaman lokal bangka. Sehingga inovasi ini merurutnya sangat bermanfaat dan perlu digunakan secara maksimal.

"Untuk saat ini baru tersedia di kawasan Hutan Kota Sungailiat, sehingga kedepannya dapat kita maksimalkan dengan perluasan wilayah atapun penambahan jenis jenis tanaman yang lebih beragam," tutur Mulkan.

Selain itu dirinya juga mengajak para pelaku akademisi untuk memanfaatkan layanan yang telah tersedia di Hutan Kota. Baik melalui kegiatan belajar mengajar atapun penelitian lebih lanjut dari pihak perguruan tinggi.

Sumber: 
Dinkominfotik
Penulis: 
A. Mangatas