Primary tabs

Catat, 25 Nopember Bakal Ada JeliFest Di Jelitik

Mahasiswa Universitas Gadjahmada (UGM) Jogjakarta yang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Integratif Periode Gasal di beberapa desa/ kelurahan di Kabupaten Bangka melakukan berbagai program dan kegiatan nyata yang bersentuhan langsung dengan masyarakat dan membantu mewujudkan program pemerintah daerah. Tak terkecuali dengan mahasiswa KKN PPM UGM yang ditempatkan di Kelurahan Jelitik Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Berbagai program dan acara telah disiapkan dengan melibatkan masyarakat sehingga masyarakat berperan aktif juga dalam pembangunan.

Menurut Iqbal salah satu mahasiswa KKN PPM UGM, kelompoknya pada tanggal 25 Nopember nanti akan menyelenggarakan kegiatan Festival Jelitik (JeliFest) yang dipusatkan di lapangan RT 4 Lingkungan Rambak Kelurahan Jelitik Kecamatan Sungailiat Kabupaten Bangka.

"Puncak kegiatan kita selama melakukan Kuliah Kerja Nyata ini adanya Jelitik Festival pada tanggal 25 Nopember mendatang, kemarin telah kita mulai dengan jalan sehat dan senam sehat bersama, dan selanjutnya akan banyak kegiatan pada hari Minggu mendatang," ungkap Iqbal, Senin (20/11/17) di Sungailiat.

Diterangkannya, Jelitik Festival ini merupakan puncak kegiatan selama melakukan KKN di Jelitik dan sekitarnya. Disebutkannya dalam Jelitik Festival nanti, bakal ada beragam expo atau pameran UMKM Jelitik, baik yang baru bina atau diberdayakan maupun yang sudah ada, lalu pertunjukan kesenian asli Jelitik, serta pembagian hadiah lomba, pemberian plakat dan trofi selama kegiatan KKN UGM di Jelitik.

"Jelitik Festival ini kita laksanakan sesuai dengan visi misi program strategis Pemkab Bangka, kita bantu pemerintah dan kita gali serta explore apa yang bisa diberdayakan di Jelitik ini melalui UMKM dan ekonomi kreatif juga, sehingga dapat membantu meningkatkan perekonomian masyarakat," ungkap Iqbal.

Lebih lanjut Iqbal mengatakan, posisi Jelitik yang dekat dengan kota Sungailiat dan juga dekat dengan destinasi wisata, membuat masyarakatnya harus gerak cepat untuk dapat terlibat langsung dalam mengembangkan dan menumbuhkan peluang ekonomi kreatif fi Kelurahan Jelitik.

"Sangat strategis tempatnya, dan menjadi akses utama untuk mereka yang ke pantai dan lainnya, jadi harus ada yang bisa diandalkan baik dari produk maupun lainnya, jadi penyanggalah, sehingga orang bisa tertarik dan menjadi buah tangan," katanya.

Dengan Jelitik Festival ini, Iqbal berharap ini merupakan langkah bagus untuk masyarakat untuk lebih bisa menangkap peluang bisnis dan bisa menjadikan usaha yang sangat menguntungkan dalam mendukung ekonomi daerah dan menyonsong Kabupaten Bangka sebagai Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata.

"UMKM harus bisa menangkap peluang tersebut, dan kita sebagai mahasiswa juga mulai membina dan membantuk masyarakat dengan pemberdayaan apa yang menjadi andalan di Kelurahan Jelitik ini," katanya.

Selain pameran UMKM dan pentas seni, dalam Jelitik Festival juga akan dilakukan servis sepeda motor sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Untuk di Kelurahan Jelitik Kecamatan Sungailiat KKN mahasiswa UGM mengambil tema Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pergerakan UMKM dan Ekonomi Kreatif. Menyonsong Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kabupaten Bangka.

"Kita siap membantu masyarakat dan pemerintah, semoga tanggal 25 Nopember nanti, andil dan keaktifan masyarakat bisa besar nantinya, silahkan datang ke lapangan RT 4 Rambak, dari pukul 13.00 WIB sampai dengan selesai," ajak Iqbal.

Sumber: 
Dinkominfotik
Penulis: 
Lutfi Adam
Fotografer: 
Lutfi Adam
Editor: 
Lutfi Adam