Primary tabs

Calon Jema'ah Haji Bangka diminta Paham Rukun dan Mandiri

Body: 

Sungailiat, bangka.go.id - Calon jema'ah yang telah mendapat panggilan untuk menunaikan ibadah Haji pada tahun 2020 ini mengikuti bimbingan manasik Haji. Dalam kesempatan tersebut, calon jema'ah diminta untuk memahami rukun-rukun Haji serta menjadi Haji yang mandiri saat waktu pelaksanaannya nanti.

Demikian dikatakan Kepala Bagian (Kabag) Adm. Kesra dan Kemasyarakatan, drh. H. Rahmani yang dalam hal ini mewakili Bupati Bangka dihadapan 62 calon jema'ah Haji Kabupaten Bangka, Sabtu (04/02/2020) di Masjidi Al-Ittihad Sungailiat.

"Kalau ada yang tidak paham silahkan tanyakan, karena pada saat pelaksanaannya nanti kita dituntut menjadi jema'ah yang mandiri," imbuh Rahmani.

Selain itu, menurutnya kegiatan manasik tersebut menjadi sumber edukasi efektif sebagai sarana dalam menambah kualitas ibadah di Tanah Suci.

"Melalui bimbingan inilah nantinya bapak ibu sekalian bisa menambah ilmu pengetahuan sehingga dapat melaksanakan ibadah Haji dengan baik serta memahami tuntunan yang sesuai syariat," tutur Rahmani.

Kemudian Rahmani menghimbau, calon jema'ah Haji dapat mempersiapkan fisik dan bekal pengetahuan guna menunjang keefektifan dalam beribadah nanti.

"Kita harus paham, mana rukun, mana wajib dan mana yang sunnah. Melalui kesempatan ini kami mengucapkan selamat kepada bapak/ibu calon jemaah Haji tahun 2020 ini karena bapak/ibu sekalian sudah mendapatkan panggilan," katanya.

Untuk itu dirinya berharap, seluruh jema'ah Haji asal Kabupaten Bangka dapat mengimplementasikan seluruh bekal edukasi yang didapatkan dalam kegiatan manasik tersebut sehingga menjadi Haji yang mabrur selepas pulang menunaikan ibadah di Tanah Suci nantinya.

"Kami atas nama Pemerintah Daerah berharap semoga para jema'ah memperoleh Haji yang mabrur," pungkas Rahmani.

Sementara itu, ketua kelompok bimbingan manasik Haji Masjid Al-Ittihad Sungailiat, H. Padri Musa menguraikan, kegiatan manasik tersebut diikuti 62 calon jema'ah. Padri menambahkan, kegiatan serupa akan dilangsung hingga 12 kali pertemuan.

"Kegiatan manasik ini dilaksanakan selama 12 kali pertemuan," pungkas Padri.

Nampak hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bangka, Drs. H. Paidi dan segenap tamu undangan lainnya.

Sumber: 
Dinkominfotik
Penulis: 
Dede Sukmana