Primary tabs

Bupati Bangka Buka Secara Resmi Musrenbang RPJMD 2019-2023

(SUNGAILIAT, 6 NOVEMBER 2018), Bupati Bangka Mulkan, SH., MH membuka secara resmi Musrenbang RPJMD (Musyawarah Rencana Pembangunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Kabupaten Bangka Tahun 2019 - 2023 bertempat di Ruang Pertemuan Aurora Tanjung Pesona Beach Resort. Musyawarah ini dihadiri oleh Kepala Bappeda Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Wakil Bupati Bangka, jajaran anggota DPRD Bangka, jajaran Kepala OPD, Kades-Kades, serta tamu undangan lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, ada 3 (tiga) narasumber yang memberikan paparan, yaitu Kebijakan Pembangunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung Tahun 2017 - 2022 oleh Bapak Feri Insani, SE., MM (Kepala Bappeda Prov. Kep. Bangka Belitung), Rancangan Teknokratik RPJMN 2020-2024 oleh Bapak Andi Setyo Pambudi, ST (Kepala Sub Direktorat Pemantauan, Evaluasi dan Pengendalian Pembangunan Daerah Wilayah IV Kementerian Perencanaan Pembangunan Daerah/BAPPENAS Republik Indonesia) dan RPJMD Yang Berkualitas oleh Bapak Dr. FAISAL, SE.Ak., M.Si., CA, CSEP (Kepala Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Prov. Kep. Bangka Belitung)

Pelaksanaan musrenbang tersebut merupakan bagian dari proses penyempurnaan Rancangan RPJMD menjadi Rancangan Akhir RPJMD untuk selanjutnya dimuat dalam Rancangan Peraturan Daerah.

Selain sebagai forum musyawarah antara para pemangku kepentingan, guna membahas dan menyepakati rancangan RPJMD. Forum ini diharapkan dapat menghasilkan kesepakatan untuk penajaman, penyelarasan, klarifikasi, dan penyempurnaan terhadap Rancangan RPJMD tersebut.

Adapun rumusan cita-cita pembangunan dalam wujud rumusan visi dan misi pembangunan Kabupaten Bangka dalam 5 (lima) tahun ke depan adalah Bangka Sejahtera dan Mulia yang selanjutnya disebut “Bangka Setara”. Bangka Setara yang merupakan perwujudan secara utuh posisi kesejajaran tingkat harkat dan martabat, serta pemerataan keadilan dan tingkat kesejahteraan pembangunan ekonomi dan sosial bagi seluruh masyarakat Kabupaten Bangka. Kesetaraan dalam berbagai dimensi tersebut akan mengarah pada pencapaian posisi puncak tertinggi pemerintah kabupaten bangka dengan kabupaten/kota terbaik di indonesia dan bahkan dunia dalam berbagai prestasi.

Setara merupakan akronim dari sejahtera dan mulia. Sejahtera merupakan kondisi masyarakat Kabupaten Bangka yang terpenuhi ketahanan materil dan spiritual, yang ditunjukkan dengan meningkatnya kualitas pertumbuhan ekonomi disertai dengan makin tinggi dan meratanya tingkat pendapatan masyarakat, keterbebasan dari kemiskinan dan pengangguran, sumber daya manusia yang berkualitas, berintegritas dan berdaya saing tinggi, serta terciptanya pemerataan pembangunan antar wilayah.

Sedangkan, Mulia merupakan kondisi masyarakat Kabupaten Bangka yang memiliki harkat dan akhlak yang baik serta kedudukan yang setarakarena keberhasilan dalam pencapaian pembangunan dan kesejahteraan sosial yang ideal. Masyarakat yang mulia memiliki kemampuan dan membentuk karakter serta peradaban yang berakhlak dan beretika,menjadi manusia yang sehat, berilmu pengetahuan, cakap, kreatif dan mandiri serta berinovasi.

Adapun Misi Pembangunan Kabupaten Bangka Tahun 2019-2023 yaitu :
1. Mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih dan berbasis teknologi informasi
2. Mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berintegritas
3. Mewujudkan pemerataan pembangunan infrastruktur antar wilayah
4. Mewujudkan gerbang kota dan pariwisata yang berskala internasional
5. Mewujudkan perekonomian daerah berdaya saing dan berkelanjutan.

Sumber: 
Bappeda
Penulis: 
Bappeda