Primary tabs

Bantu Masyarakat dan Dukung UMKM, Berkah Mart Ditargetkan Berada di Setiap Desa

Body: 

Sungailiat, bangka.go.id - Program Berkah Mart dari Gubernur Babel yang disampaikan kepada Bumdes se-Kabupaten Bangka, ditargetkan berdiri di setiap desa yang ada di Kabupaten Bangka serta diharapkan dapat membantu masyarakat serta pengembangan produk UKM lokal desa.

Hal tersebut di ungkapkan Direktur Operasional BUMD Provinsi Babel, Aswandi dalam rapat sosialisasi program pengembangan Berkah Mart di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Senin (9/9/2019) di OR Bina Praja, Kantor Bupati Bangka.

"Sistem pengembangan dan operasional Berkah Mart ini diarahkan sebagai agen distributor desa. Hal ini untuk memotong mata rantai penjualan agar harga bahan pokok lebih murah. Jika kita nanti dari BUMD akan mensuport barang-barang untuk toko Berkah Mart, kedepan dana alokasi desa dapat digunakan untuk pengembangan Berkah Mart ini melalui Bumdes " jelas Aswandi.

Lebih jauh ia menuturkan, Berkah Mart ini memiliki sistem online juga, dapat menjadi wadah pemasaran barang dan produk di Desa. Hal ini dapat dipasarkan antar Desa di Kabupaten Bangka hingga nantinya menjadi antar Desa antar Kabupaten.

"Bangka Belitung memiliki 62 Bumdes, dari 62 yg terpilih berjumlah 43 yang mendapat bantuan dari Gubernur untuk Berkah Mart,"ujar Aswandi.

Sementara itu, Danil selaku Direktur Konsep BUMD Provinsi Babel menyatakan pengembangan toko Berkah Mart untuk menggerakan ekonomi masyarakat yang nantinya menjadi distributor untuk toko-toko masyarakat di desa.

Menurutnya, yang membedakan tokoh Berkah Mart dengan toko lainnya adalah pengusungan pola kemitraan, dikelola Bumdes masing-masing desa. BUMD Provinsi melakukan dukungan dalam pengadaan barang, pengelolaan sistem dan pendampingan.

"Toko Berkah Mart juga dapat dijadikan tempat pemasaran produk lokal dari hasil UKM dan industri rumah,"jelasnya.

Dalam Tokoh Berkah Mart juga tidak mengenakan royalti atau fee kepada pihak Bumdes, sedangkan dalam sistemnya telah mengatur soal pola distribusi, manajemen data center dan komunitas UMKM.

"Harapan dari Berkah Mart 43 Bumdes ini dapat di bantu untuk keperluan dari barang-barang Toko Berkah Mart,"tuturnya.

Sumber: 
Dinkominfotik
Penulis: 
Yandy Arfandy
Editor: 
Derika/M.Khadafi