Primary tabs

BANGKA RAIH AKUNTABILITAS KINERJA TERBAIK DI BANGKA BELITUNG

Tahun 2017 menjadi tahun yang menggembirakan bagi Pemkab Bangka. Berbagai prestasi dan penghargaan diraih Pemkab Bangka. Yang terbaru adalah penghargaan untuk akuntabilitas kinerja pemerintah dari Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PAN-RB). Pemkab Bangka mendapatkan predikat baik untuk pengelolaan akuntabilitas kinerja tahun 2017. Penghargaan ini diberikan langsung oleh Menteri PAN-RB, Dr. Asman Abnur, kepada Wakil Bupati Bangka, Drs Rustamsyah di Batam, 25 Januari 2018. Menurut Wakil Bupati, Rustamsyah, keberhasilan ini menunjukkan bahwa Pemkab Bangka dengan baik mampu membangun transparansi dan akuntabilitas kinerja pemerintah atas pertanggungjawaban anggaran yang telah digunakan untuk pembangunan daerah pada tahun 2017.

Sementara menurut Bupati Bangka, Tarmizi Saat, keberhasilan ini menunjukkan bahwa penyelenggaraan pemerintahan Kabupaten Bangka sudah dijalankan on the track, dijalur yang benar dan dikelola dengan baik. Penghargaan akuntabilitas kinerja dari Menteri PAN-RB ini membuktikan bahwa misi Rpjmd Bangka Bermartabat, “ Mewujudkan Tata Kelola Pemerintah Yang Bersih dan Melayani” sudah terwujudkan dan terselenggara dengan sangat baik. Hal ini dibuktikan juga dengan diraihnya opini WTP atas pertanggungjawaban pengelolaan keuangan daerah dari Menteri Keuangan, predikat kepatuhan tertinggi standar pelayanan publik oleh Ombudsman RI dan penyelenggaraan pemerintah daerah dengan sangat baik oleh Menteri Dalam Negeri dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Republik Indonesia.

Bupati Bangka, Tarmizi Saat mengucapkan terimakasih kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bangka dan seluruh jajaran Pemkab Bangka untuk semua penghargaan tata kelola pemerintahan yang sudah berhasil diraih. Bupati juga mempersembahkan seluruh penghargaan ini untuk seluruh masyarakat Kabupaten Bangka dalam mewujudkan bangka yang bermartabat. Menurut Kepala Bappeda, Pan Budi Marwoto, hasil evaluasi Kementerian PAN-RB terhadap tingkat akuntabilitas kinerja di Kabupaten Bangka menunjukkan progress kinerja yang sangat menggembirakan dari “C” pada tahun 2014 sebagai tahun pertama RPJMD Bangka Bermartabat, meningkat menjadi “CC” pada tahun 2015-2016 dan kembali mengalami peningkatan yang signifikan dari menjadi “B” pada tahun 2017 dengan nilai sebesar 66,77.
Selanjutnya disebutkan oleh Kepala Bappeda, nilai dan lonjakan Lakin Pemkab Bangka sebesar 8,25 point, merupakan yang terbaik di Bangka Belitung, melebihi nilai rata-rata kabupaten/kota di Bangka Belitung yang hanya sebesar 60,90, juga melampaui pencapaian nilai akuntabilitas kinerja Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang meraih nilai 63,65 dan bahkan jauh melewati capaian kinerja rata-rata kabupaten/kota di Indonesia yang hanya mencapai 54,53. Seluruh pencapaian ini merupakan bentuk komitmen Pemkab Bangka untuk terus memperbaiki manajemen kinerja dan budaya kerja dalam rangka memenuhi harapan masyarakat akan terselenggaranya pemerintahan yang bersih dan melayani. Tahun depan kami menargetkan akuntabilitas kinerja pemkab bangka mendapatkan nilai A.

Sumber: 
Bappeda
Penulis: 
Pan Budi Marwoto
Fotografer: 
-
Editor: 
AYF