Primary tabs

4000 Sertipikat Gratis Untuk Kabupaten Bangka Siap Dibagikan

Body: 

Sungailiat - Sebanyak empat ribu sertipikat tanah gratis program Pemerintah Pusat disalurkan kepada masyarakat Kabupaten Bangka, Selasa (5/1/2021). Sertipikat tersebut merupakan program tahun 2020 yang dilaksanakan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Bangka.

Dari empat ribu sertipikat yang siap dibagiakan, 100 diantaranya telah dapat diambil langsung masyarakat. Sedangkan sisanya belum dapat diambil dikarenakan adanya tunggakan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB).

Bupati Bangka, Mulkan SH MH menyampaikan dengan diserhkannya sertipikat ini mendorong masyarakat untuk taat dalam membayar pajak. Sehingga pendapatan asli daerah dapat meningkat yang dihasilkan dari sumber pajak tanah dan bangunan.

"Bagi masyarakat yang hendak mengambil sertipikatnnya juga wajib melunasi BPHTP terlebih dahulu. Sehingga tidak ada lagi tunggakan dan sertipikatnya dapat dimanfaatkan dengan sebijak bijaknya," ungkap Mulkan.

Kepala BPN Bangka, Alexander Pakpahan menyampaikan penyerahan sertipikat tersebut dilaksanakan serentak secara nasional. Dengan dipimpin Presiden Republik Indonesia di Istana Negara dan disiarkan secara virtual kepada seluruh kabupaten kota.

"Jadi penyerahan ini kita mengikuti jadwal nasional agar dilaksanakan secara serentak. Untuk Kabupaten Bangka sendiri penyerahan ini merupakan kali kedua dilaksanakan yang sebelumnya dilaksanakan di Rumah Dinas Bupati Bangka," tutur Alexander

Selain itu Bupati Bangka juga berpesan kepada penerima sertifikat untuk menjaga dan merawat dengan baik. Sehingga dapat mencegah perselisihan ataupun sengketa berkaitan dengan batas tanah atau lahan.

"Sertipikat ini merupakan suatu kebanggan bagi masyarakat. Sehingga peliharalah lahannya agar mencegah sengketa tentang lahan. Apabila ingin untuk digadai maka pertimbangkan untuk pengembalian pinjaman nantinya," pesan Mulkan.

Sumber: 
Dinkominfotik
Penulis: 
A. Mangatas